Grumbul Kubangan Tak Terisolasi Lagi

Kabupaten Banyumas

BANYUMAS- Harapan warga Grumbul Kubangan Desa Sokawera Kecamatan Cilongok untuk bisa menikmati jalur transportasi dengan lancar sudah terpenuhi. Setelah Jum’at (28/2) jembatan Kali Mengaji ukuran 2,5 kali 12 meter dan jalan sepanjang 400 meter yang menghubungkan grumbul tersebut secara resmi dibuka untuk umum oleh Bupati Banyumas Ir Achmad Husein. Sebelumnya, selama puluhan tahun warga yang tinggal di daerah perbukitan tersebut terisolasi dari desa lain dan dengan pusat kecamatan.

Peresmiannya ditandai dengan doa bersama yang dipimpin oleh tokoh masyarakat setempat, dilanjutkan pemotongan pita oleh Bupati Banyumas yang disaksikan ratusan warga setempat. Pada kesempatan ini Bupati Banyumas hadir tidak mengikut sertakan kepala SKPD, hanya Kepala Bagian Humas dan Protokol beserta staf dan sekretaris pribadi yang mengikutinya.

Untuk menyaksikan pembukaan jembatan dan jalan penghubung ini, sebanyak 55 KK Warga Grumbul Kubangan yang terdiri menjadi 2 RT tersebut tidak berangkat kerja pergi ke ladang ataupun sawah. Kepala Desa Sokawera Mukhayat mengatakan bahwa warganya meluapkan rasa bersyukur dan kegembiraannya atas pemebnagunan jembatan tersebut. “Warga menggelar tasyakuran dengan cara swadaya” kata Kades Sokawera ini.

''Setelah jembatan dibuka, warga juga telah siap bekerja bakti melakukan pengerasan jalur/jalan baru yang selama ini jarang dipakai agar kegiatan perekonomian, mobilitas warga dan anak sekolah tambah lancar,'' tambah Mukhayat.

Muhtarom Warga RT 04 RW 09 mengatakan bahwa sebelum adanya jembatan anak-anak sekolah, maupun warga yang akan pergi ke kota harus menyeberang sungai sambil menenteng sepatu atau sandal. “Alhamdulillah sekarang sudah ada jembatan yang bagus” katanya.

Bupati mengemukakan, pembangunan jembatan kali mengaji ini merupakan bukti komitmen dirinya bersama Wakil Bupati dr Budhi Setiawan untuk peningkatan infrastuktur di Kabupaten Banyumas agar masyarakat Banyumas semakin sejahtera. “Untuk itu saya berpesan agar masyarakat turut memelihara jembatan dan jalan ini agar dapat bermanfaat sampai anak cucu kita” pesan Bupati.

Lebih lanjut bupati mengatakan bahwa prioritas pembangunan yang dilaksanakan, yaitu kesehatan, pendidikan dan infrastruktur, sebagian besar ada di desa. “Ini bertujuan agar terjadi keseimbangan pembangunan kota dengan desa. Pada tahun 2014 ini, anggaran untuk infrastruktur semakin bertambah'' jelas Bupati.


01 03 2014 09:17:19