BUDAYA K3 MEMINIMALISIR KECELAKAAN KERJA

Kabupaten Banyumas

Bupati Banyumas Ir Achmad Husein memimpin upacara bulan keselamatan dan kesehatan kerja Tahun 2014 Tingkat Kabupaten Banyumas. Upacara yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Tranmigrasi Kabupaten Banyumas itu dilaksanakan Rabu (22/1) di Halaman PT Telkom Indonesia Purwokerto. Turut hadir pada acara tersebut Kepala Dinsosnakertrans, Pemimpin Apindo, Pemimpin Perusahaan dan Pimpinan Serikat Pekerja se Kabupaten Banyumas.
 
Bupati Banyumas yang membacakan Sambutan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia mengatakan bahwa kondisi global saat ini berpengaruh terhadap stabilitas usaha di Indonesia dan memberikan dampak pada aspek perlindungan ketenagakerjaan. Salah satu tantangan besar yang dihadapi di sektor ketenagakerjaan pada saat ini adalah kualitas sumber daya manusia, baik yang akan memasuki dunia kerja maupun yang telah bekerja diperusahaan.

“Keselamatan dan Kesehatan Kerja merupakan salah satu aspek perlindungan ketenagakerjaan, dan merupakan hal dasar dari setiap tenaga kerja yang ruang lingkupnya telah berkembang sampai pada Keselamatan dan Kesehatan Kerja masyarakat secara Nasional,” kata Bupati.

Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa Peringatan hari keselamatan dan kesehatan kerja (k3) kali ini merupakan tahun kelima bangsa indonesia berjuang, berperan aktif, dan bekerja secara kolektif dalam pencapaian visi K3 nasional, yaitu Indonesia Berbudaya K3 tahun 2015. “Kita hanya punya waktu satu tahun. Karenanya, pimpinan perusahaan, para pekerja, serikat buruh, asosiasi, perguruan tinggi, dan masyarakat harus  menyadari pentingnya K3 yang berimplikasi kepada menurunnya angka kecelakaan kerja." Katanya.

Diakhir sambutanya Husein mengatakan agar kita ikut mensukseskan bulan keselamatan dan kesehatan kerja nasional tahun 2014 di Wilayah Kabupaten Banyumas, guna meminimalisir kecelakaan kerja, menekan tingkat keparahan, pencapaian kecelakaan nihil, sekaligus upaya untuk peningkatan produktivitas kerja karyawan.

Usai upacara Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Banyumas Drs Nooryono MM mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan Upacara Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional dan Pernyataan dimulainya Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional tingkat Kabupaten Banyumas untuk lebih meningkatkan kesadaran dan ketaatan pemenuhan norma keselamatan dan kesehatan kerja (K3). “Selain itu untuk meningkatkan partisipasi semua pihak untuk optimalisasi pelaksanaan budaya keselamatan dan kesehatan kerja (K3), serta terwujudnya budaya keselamatan dan kesehatan kerja masyarakat di Kabupaten Banyumas” kata Nooryono.

Sumber : Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Banyumas


22 01 2014 14:29:51