Pasar Sentra Komoditi Pertama di Banyumas Diresmikan

Kabupaten Banyumas

Pasar Sentra Komoditi pertama di Kabupaten Banyumas kamis (12/4) kemarin, diresmikan oleh Bupati Drs Mardjoko MM. Pasar yang direncanakan untuk menjual produk-produk unggulan Kabupaten Banyumas ini, berada di Desa Pernasidi Kecamatan Cilongok atau tepatnya di tepi jalan raya Cilongok Ajibarang.

Kades Pernasidi Rokhmat dalam laporannya mengatakan, Pasar Sentra Komoditi dibangun di atas tanah kas Desa Pernasidi dengan pola Bangun Serah Guna antara Pemerintah Desa Pernasidi Kecamatan Cilongok dengan PT Karya Jaya Satria Purwokerto.untuk jangka waktu 20 Tahun 9 bulan mulai ditandanganinya perjanjian yaitu 1 Juni 2011 sampai dengan 28 Pebuari 2032.

Rokhmat juga melaporkan, pasar sentra komoditi terdiri dari 80 kios terbagi menjadi kios Tipe A ukuran 4 x 8 meter sebanyak 34 kios dan Tipe B Ukuran 3 x 4 meter dan los sebanyak 124 unit ukuran 3 x3 meter. Rokhmat juga menambahkan, untuk pemenuhan pelayanan kepada para pengunjung pasar juga didukung fasilitas berupa Musholla ukuran 6 x 6 meter dan pos jaga.

Bupati Mardjoko dalam sambutannya mengatakan, pembangunan pasar sentra komoditi merupakan hasil karya Kepala Desa Pernasidi yang mempunyai daya pikir yang visioner dan memiliki jiwa entrepreneur yang dapat ditiru oleh kades yang lainya, sehingga nanti akan muncul karya-karya baru yang mampu untuk menyerap tenaga kerja, menghidupkan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat.

Bupati juga mengatakan, keberadaan pasar sentra komoditi tidak hanya digunakan untuk menjual hasil komoditi unggulan yang ada di Kabupaten Banyumas, tapi juga dapat dimanfaatkan untuk Rest Area bagi para pengedara, untuk itu perlu disediakan dagangan/souvenir yang menarik dan berkualitas/unik. Beliau juga berharap keberadaan pasar sentra komoditi diharapkan dapat membawa perubahan bagi masyarakat Pernasidi pada khususnya, dan masyarakat Cilongok pada umumnya.


24 05 2012 14:24:9