Banyumas Siap menuju Era Digital

Kabupaten Banyumas

Terima Penghargaan ICT Pura dari Kemenkominfo

Secara nasional, Kabupaten Banyumas dinyatakan sebagai salah satu kabupaten yang telah siap menyongsong datangnya Era Digital. Hal ini terbukti dengan diterimanya penghargaan ICT Pura tahun 2012 dari Kementrian Komunikasi dan Informatika RI oleh Pemkab Banyumas belum lama ini.

ICT Pura adalah gerakan bersama seluruh komponen bangsa yang dimotori oleh Kementrian Kominfo, untuk memetakan, mengukur dan mengapresiasi kabupaten/kota di seluruh Indonesia terkait kesiapan dalam memasuki era digital tahun 2015. Tujuannya untuk memetakan indeks kesiapan menuju era masyarakat digital yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Kabupaten Banyumas terpilih menjadi satu dari 165 kabupaten/kota di Indonesia yang diprioritaskan dalam program ICT Pura 2012. Adapun pelaksanaan lomba berupa pengisian kuesioner ICT Pura untuk Kabupaten Banyumas telah dilaksanakan pada tanggal 13 September 2012.

Penganugerahan ICT Pura 2012 dilakukan di Grand Ballroom, Hotel Grand Aston Medan pada Kamis (18/10). Penyerahan penghargaan berupa plakat dan piagam dilakukan Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Basuki Yusuf Iskandar kepada Sekda Kabupaten Banyumas, Mayangkoro mewakili Bupati Banyumas, Mardjoko.

Kasi Telematika Dinhubkominfo Kabupaten Banyumas, Jakarta Tisam yang turut hadir dalam acara tersebut menjelaskan, Kabupaten Banyumas meraih predikat Terbaik ke-9 dari 27 kabupaten/kota penerima penghargaan yang tersebar di 14 provinsi di Indonesia.

Untuk provinsi Jawa Tengah, Banyumas menjadi yang teratas dari 3 kabupaten yang menerima penghargaan. Selain Kabupaten Banyumas, 2 kabupaten lain di Jawa Tengah yang menerima penghargaan ICT Pura 2012 adalah Kabupaten Pekalongan di urutan 15, dan Kabupaten Jepara di urutan 21.

Jakarta menuturkan, sesuai dengan sistem penilaian yang dipergunakan dalam kuesioner pemetaan, nilai indeks ICT Pura Kabupaten Banyumas sebesar 3,25. Arti dari nilai indeks tersebut adalah Kabupaten Banyumas telah siap untuk menghadapi era ekonomi digital, dengan predikat I-Madya.

Jakarta menambahkan, komponen indeks yang dinilai meliputi ICT Use (Intensity)—peran pemkab dalam mengelola TIK dengan berbagai kebijakan, peraturan, dan keputusan bobot 40%; ICT Readiness (Infrastructure)—ketersediaan infrastruktur TIK (20%); ICT Capability (Skills)—sumber daya dan kemampuan mengeksplorasi dan mengeksploitasi aset TIK yang dimiliki (25%); dan ICT Impact (Outcomes)–manfaat langsung dari keberadaan TIK (15%).

Sekretaris Daerah Kabupaten Banyumas, Mayangkoro usai menerima penghargaan mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemkab Banyumas dan komponen masyarakat Banyumas atas kerjasama yang telah dilakukan sehingga Kabupaten Banyumas dapat menerima penghargaan ICT Pura 2012.

Mayangkoro juga berpesan, agar penghargaan tersebut dapat memotivasi Kabupaten Banyumas, agar kedepan terus mempersiapkan diri sehingga siap menghadapi era ekonomi digital, bahkan sebelum era ini secara resmi dimulai secara nasional.â– (sbr)


Sarlan─Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Banyumas


19 10 2012 14:56:04