Puncak Peringatan Hari Jadi Kabupaten Banyumas

Kabupaten Banyumas

Puncak peringatan Hari Jadi ke-430 Kabupaten Banyumas Tahun 2012 ditandai dengan upacara yang dilaksanakan pada Jumat (6/4) di Alun-alun Purwokerto, dengan Inspektur Upacara, Bupati Banyumas, Drs Mardjoko MM. Upacara diikuti oleh personil TNI dan Polri, PNS, mahasiswa, pelajar dan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda.

Hadir di deretan tamu undangan, para Rektor dan Pimpinan Perguruan Tinggi di Purwokerto, pimpinan instansi vertikal, anggota Muspida Kabupaten Banyumas, Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Banyumas, para pejabat Sipil, TNI dan Polri, pengurus Yayasan Serulingmas, para Purnawirawan serta tokoh masyarakat di Kabupaten Banyumas.

Dalam amanatnya Bupati menjelaskan, sampai akhir tahun 2011 saja, indikasi kemajuan Banyumas mulai cukup jelas tergambar. Bupati Mardjoko merinci, misalnya terlihat melalui program PNPM Mandiri Perdesaan dan PNPM Mandiri Perkotaan yang telah berjalan dengan baik, dan telah mendatangkan berbagai hasil pada sektor-sektor riil. Ekonomi kerakyataan juga sudah mulai berkembang. Indikatornya, pendapatan perorangan sudah mulai tinggi.

Berdasarkan data statistik, imbuhnya, pertumbuhan ekonomi Banyumas telah mencapai hampir 6%, angka inflasi sekitar 2%, penurunan angka kemiskinan mencapai 2% per tahun, Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai 196 milyar lebih, dan perputaran uang giral dalam sebulan sudah mendekati 1 trilyun. Semua ini, kata Bupati merupakan hasil kerja keras seluruh jajaran pemerintah, mulai para perangkat desa, camat, sampai dinas-dinas dan perangkat daerah lainnya.

Selain pencapaian diatas, Bupati juga menunjukkan, berbagai prestasi telah diraih oleh Kabupaten Banyumas melalui kinerja pembangunan dan program-program yang telah dilaksanakan selama ini. Bupati Mardjoko merinci, hingga akhir tahun 2011 tidak kurang dari 25 penghargaan diraih, dengan perincian 20 penghargaan tingkat nasional (dari menteri dan presiden), dan 15 penghargaan tingkat provinsi Jawa Tengah.

Untuk pencapaian yang terbilang spektakuler ini, Bupati tidak memungkiri adanya kerjasama yang baik antara pemerintah Kabupaten Banyumas dengan jajaran DPRD Kabupaten Banyumas. Untuk itu beliau secara khusus mengucapkan terima kasih, dan berharap ke depan kerjasama ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan, demi kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Banyumas.

Menanggapi adanya komentar dari sebagian masyarakat yang masih menganggap pemerintahan Mardjoko-Husein belum menghasilkan apa-apa, Bupati Mardjoko menerimanya dengan besar hati, sabar, syukur, dan semangat memaafkan dan meminta maaf, serta akan menjadikannya pemacu semangat untuk bekerja lebih baik lagi di masa yang akan datang, setidaknya hingga satu tahun ke depan sisa masa kepemimpinannya di Banyumas.

Terkait dengan Pilkada Banyumas yang akan berlangsung tidak lama lagi, Bupati mengajak kepada seluruh jajaran pejabat dan masyarakat Banyumas untuk mensukseskannya. Beliau meminta rakyat Banyumas untuk menjadi pemilih yang cerdas, jangan asal memilih, karena siapapun yang akan dipilih adalah pemikul tanggung jawab untuk kemajuan Banyumas ke depan. “Aku kur weling maring rakyat Banyumas aja nganti keliru milih pemimpin, mbok nganti ngajog ketemu mburi,” demikian pesannya dengan gaya khas logat Banyumasan yang kental.


24 05 2012 14:24:18