Pepustakaan Daerah Banyumas Terus Tingkatkan Layanan

Kabupaten Banyumas

Perpustakaan daerah yang dikelola oleh Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (Pepusarda) Kabupaten Banyumas saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menunjang kenyamanan pengunjung berupa gedung perpustakaan baru dengan fasilitas ruang loby, ruang pelayanan, penitipan barang, pelayanan kartu anggota, ruang pelayanan khusus anak dan ruang baca yang dilengkapi dengan full AC dan diperuntukkan untuk umum, anak-anak, pelajar dan dewasa. Juga tersedia Spot Area (Internet online) gratis sebagai  layanan tambahan.

Kepala Perpusarda Drs. Setia Rahendra, M.Si, Rabu (12/3) ditemui diruang kerjanya mengatakan bahwa usai pembangunan tahap I,  pihaknya masih mengatur ruang yang ada. Karena kedepan apabila pembangunan tahap II selesai akan dilengkapi dengan ruang Office Teatre, Ruang Koleksi Khusus Banyumas, buku langka, koleksi khusus braile, ruang terbitan berseri, koleksi digital, klinik pustaka dan ruang jaringan kerjasama perpustakaan. “Kami memaksimalkan ruang yang ada dulu, agar para pembaca dan pemijam buku merasa nyaman” katanya.

Rahendra juga mengatakan bahwa untuk terus meningkatkan minat baca masyarakat secara periodik kantornya menyelenggarakan pameran buku. “Untuk membangun masyarakat yang cerdas dan beraklak mulia sebagai upaya meningkatkan sumber daya manusia serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bersama Wakil Bupati dr Budhi Setiawan mencanangkan Gerakan Banyumas Membaca” lanjut Rahendra.

Sementara itu Kasi Pengelolaan danPelayanan Perpustakaan Dra Pindah Listiyani mengatakan bahwa pada tahun 2013 jumlah pengunjung rata-rata sebanyak 126 orang per hari. “Bahkan untuk Tahun 2014 dua bulan terakhir rata-rata 150 orag perhari, ini dari pengunjung yang mengisi buku kunjungan karena ada pengunjung yang enggan mengisi buku” kata Pindah. 

Selain memberi layanan menetap di kantor, juga ada layanan keliling dengan menggunakan layanan 1 Unit Mobil dan 1 Unit Motor perpustakaan keliling yang melayani masyarakat yang jauh dan tidak terjangkau oleh layanan di kantor. Mobil dan motor perpustakaan keliling ini beroperasi sesuai dengan jadwal dan permintaan masyarakat. “Mulai tahun ini kita sedang uji coba pelayanan keliling dihari Minggu di Komplek GOR, Tempat Wisata, Pesantren dan Panti Asuhan secara bergantian” lanjut Pindah

Di sela-sela melayanai pengunjung, Pustakawan Fuad Zain Arifin, S.Pd mengatakan perpustakaan ini terdapat koleksi buku lebih dari 25 ribu buku. Selain itu tersedia juga koleksi media lainnya seperti surat kabar, majalah, bulletin, tabloid dan lainnya.

Pengunjung dapat membaca di tempat bermacam koleksi buku, termasuk koleksi langka, Ensiklopedia, undang-undang, dan buku-buku referensi lainnya “Khusus koleksi tipe ini bisa tidak boleh dipinjam, walaupun anggota Perpustakaan” kata Fuad.

Syarat peminjaman, pengunjung harus menjadi anggota terlebih dahulu. Syaratnya menyerahkan fotocopy identitas (KTP/SIM/Kartu Pelajar). Keanggotaan berlaku 1 tahun dan dapat diperpanjang. Anggota diperkenankan meminjam (GRATIS) maksimal 2 buku selama 1 minggu, jika mau diperpanjang bisa laporan ke Perpustakaan dulu. “Jam layanan juga ditambah semula sampai dengan jam 16.00 sekarang sampai jam 18.00” tambah Fuad.

Sumber : Bagian Humas dan Protokol Setda Kab Banyumas


12 03 2014 15:38:06