Kemanunggalan TNI-Rakyat di Sanggreman

Kabupaten Banyumas

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung I Tahun 2012 dipusatkan di Desa Sanggreman Kecamatan Rawalo, diawali dengan upacara pembukaan di lapangan desa setempat, Rabu (23/5). Bertindak selaku Inspektur Upacara, Komandan Kodim 0701/Banyumas, Letkol Inf Helmi Tachejadi Soerjono SH. Hadir dalam upacara, Bupati Banyumas, Drs Mardjoko MM beserta jajaran Forkompinda. Usai upacara, Bupati dan jajaran Forkompinda meninjau stand Pasar Murah dan pelayanan KB dan kesehatan gratis.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Mardjoko juga menyerahkan bantuan berupa bibit tanaman mangga, durian dan rambutan sebanyak 3.000 batang, mushaf Al-Qur’an 20 buah, Al-Qur’an terjemah sebanyak 4 buah, Juz ‘Amma/Iqro sebanyak 40 eksemplar dari Kantor Kementrian Agama Kabupaten Banyumas, serta bantuan pendidikan dari GN OTA untuk 20 siswa SD/MI berupa peralatan sekolah dan uang pendidikan sebesar 2.400.000, dan untuk 10 siswa SMP/MTs sebesar 1.500.000.

TMMD Sengkuyung I tahun 2012 direncanakan berlangsung selama 21 hari, mulai 23 Mei sampai 12 Juni 2012. Tema yang diusung “Melalui Program TMMD Kita Tingkatkan Sinergitas Kegiatan dan Kerjasama antara TNI, POLRI, Lembaga Kementrian/LPNK, Pemda dan Segenap Komponen Masyarakat untuk Mewujudkan Pembangunan di Pedesaan menuju Masyarakat yang Damai dan Sejahtera. Mengawali pelaksanaan TMMD telah dilaksanakan kegiatan mulai tanggal 23 April sampai dengan 22 Mei 2012 dengan hasil pembersihan dan penataan bahu dan badan jalan di sekitar lokasi sasaran.

Menurut Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan KB (Bapermas PKB) Kabupaten Banyumas, Ir Wahyu Budi Saptono MSi, target kegiatan TMMD meliputi pembangunan sarana fisik dan non fisik. Sasaran pokok kegiatan fisik berupa peningkatan jalan aspal dengan ukuran p 1.156 m x L 2,5 m – 3 m, sedangkan sasaran tambahan berupa rehab mushola (2 unit), pembuatan Poskamling (2 unit), dan pemugaran Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 5 unit.

Sementara kegiatan non fisik antara lain berupa pasar murah; pelayanan KB; penyuluhan pertanahan; sosialisasi penyidikan, penindakan, penertiban galian C, diversifikasi pangan, konversi tanah dan air, keluarga sakinah, hukum terpadu, wajar dikdas non formal, KRR, PPBN; sosialisasi KDRT, UU Lalu Lintas, HIV, AIDS dan Narkoba; pelatihan budidaya ikan; pembinaan anak putus sekolah, dan lain-lain.

Dandim 0701/Banyumas, Helmi Tachejadi Soejono dalam sambutannya mengharapkan seluruh anggota TNI dan segenap elemen masyarakat pelaksana TMMD agar bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan tetap menjaga kewaspadaan, sehingga keberadaan TMMD benar-benar menjadi sebuah pengabdian kepada negara dan bangsa, serta dapat membantu masyarakat dalam rangka percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan.


25 05 2012 14:24:35