Kelurahan Tanjung 3 Besar Jateng

Kabupaten Banyumas

Kelurahan Tanjung Kecamatan Purwokerto Selatan masuk menjadi 3 kelurahan terbaik di Provinsi Jawa Tengah, dan memiliki kans cukup besar untuk mewakili Jawa Tengah maju ke tingkat nasional. Hal ini berdasarkan hasil penilaian administrasi dan verifikasi lapangan yang dilakukan tim Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Jateng Tahun 2012, sebagaimana diungkapkan Basuki SH dari Bapermasdes Provinsi Jawa Tengah saat melakukan kunjungan lapangan di Kelurahan Tanjung, Rabu (30/5) kemarin.

Hasil penilaian tim menempatkan Kelurahan Tanjung sebagai salah satu dari 3 nominator kelurahan terbaik tingkat Provinsi Jawa Tengah. Dua kelurahan lainnya masing-masing berada di Kabupaten Sukoharjo dan Kota Semarang. Sementara untuk kategori desa terbaik terpilih 6 nominator.

Basuki menuturkan, tujuan diselenggarakannya lomba desa dan kelurahan adalah untuk mendorong usaha pembangunan yang dilaksanakan masyarakat desa dan kelurahan; untuk mengetahui kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh masyarakat desa dan kelurahan selama kurun waktu 1 tahun dalam wujud peningkatan kualitas kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya, keamanan dan ketertiban; serta untuk menetapkan desa dan kelurahan yang berprestasi dalam pelaksanaan pemberdayaan masyarakat.

Sasaran penilaiannya adalah hasil pelaksanaan pembangunan selama 1 tahun terakhir yang dilaksanakan oleh masyarakat desa/ kelurahan berdasarkan data dan realita pembangunan sejak Januari sampai Desember 2011 dengan perbandingan hasil pembangunan tahun 2010. Cakupan materi penilaian meliputi 8 indikator yaitu pemerintahan, ekonomi masyarakat, pendidikan masyarakat, kesehatan masyarakat, partisipasi masyarakat, keamanan dan ketertiban masyarakat, kelembagaan masyarakat, dan pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK).

Dalam sambutannya, secara tersirat, Basuki memberi sinyal bahwa Kelurahan Tanjung memiliki potensi besar untuk menjadi juara tingkat provinsi, dan maju mewakili Jawa Tengah ke tingkat nasional. “Kelurahan Tanjung telah masuk menjadi nominator terakhir dari 3 besar, mudah-mudahan sebagai yang terakhir akan menjadi “gong”nya,” katanya.

Sementara Bupati Banyumas, Drs Mardjoko MM mengucapkan terima kasih kepada segenap masyarakat Kabupaten Banyumas, khususnya warga Kelurahan Tanjung Kecamatan Purwokerto Selatan yang telah berpartisipasi aktif dalam pembangunan di Kabupaten Banyumas, sehingga Kabupaten Banyumas terus meraih prestasi membanggakan baik di tingkat provinsi maupun tingkat nasional. Mardjoko juga berharap tim penilai dapat melakukan tugasnya dengan baik dan obyektif.

Tim penilai beranggotakan 9 orang, dipimpin oleh Basuki SH dari Bapermasdes Provinsi. Selain dari Bapermasdes Provinsi, anggota tim lainnya berasal dari berbagai badan/dinas provinsi, yaitu dari Biro Tata Pemerintahan, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Bappeda, dan Tim Penggerak PKK. Rombongan diterima oleh Bupati Banyumas didampingi kepala dinas/instansi terkait dan unsur-unsur Muspika setempat. Acara juga dihadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat dan warga Kelurahan Tanjung.

Selain melakukan wawancara dan peninjauan administrasi sesuai dengan 8 aspek penilaian yang telah ditentukan di sekitar Balai Kelurahan, tim juga melakukan kunjungan lapangan diantaranya ke Sanggar Karawitan dan Pedalangan “Ngesti Laras” yang terletak di RT 03 RW 03 Kelurahan Tanjung.


31 05 2012 14:24:42