Bursa Kerja

Kabupaten Banyumas

Di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banyumas, selain kegiatan Bursa Kerja konvensional (langsung) yang rencananya akan dilaksanakan setahun sekali, juga ada Bursa Kerja Online lewat kesempatan untuk mencari kerja dengan sarana Internet.
Referensi: Untuk informasi kerja yang dikelola oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Propinsi Jawa Tengah dapat diakses melalui website di alamat: https://www.bursakerja-jateng.com/
Secara reguler dilakukan upaya pemberdayaan masyarakat, misal pelatihan pekerja sektor formal dan informal (misal pelatihan menjahit, las, service HP, dan sebagainya) yang kebanyakan akan disalurkan di perusahaan/pabrik yang adalah sektor formal, dan mandiri/wirausaha yang merupakan sektor informal. Secara jumlah mencapai ratusan orang per tahun.
Selanjutnya ada pelatihan wirausaha yg mengembangkan para wirausahawan (yang sudah ada / existing) dengan pelatihan manajemen keuangan/usaha/pemasaran dan selanjutnya akan dibina dan dimodali selama jangka waktu tertentu. Jumlahnya lebih sedikit dari program pelatihan di atas, karena ada pengalokasian dana yang besar utk pengembangan usaha. Koordinasi dengan lembaga lain misal: BLK dan SMK, untuk pelatihan-pelatihan di BLK dan penempatan pencari kerja di perusahaan yang bekerjasama dengan BLK/SMK. Juga koordinasi dengan instansi Pemkab lain seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Dinas Koperasi dan UKM untuk pembinaan dan bahkan pengembangan usaha/modal/alat-alat kerja/mesin-mesin bagi yang berprospek bagus.
Untuk informasi magang, bisa dipertimbangkan Yayasan IMM Jepang (Yayasan/Association for International Manpower Development of Medium and Small Enterprises, Japan). IMM ini dikenal kualifikasinya dan diakui bonafiditasnya oleh para pemagang atau ex-magang, info lanjut ttg IMM di: https://www.pemagangan.com/ .
Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banyumas, Jalan Pemuda Nomor 24 Purwokerto dengan Telp. (0281)636198 dan Fax (0281) 633047. 


01 06 2012 14:24:46