Rujak Buah Bumbu Kacang, Rasanya Nendang

Kabupaten Banyumas

Rujak buah mudah dijumpai di mana saja. Makanan yang murah namun sehat karena kaya serat ini digemari hampir semua orang dari berbagai usia.
Rujak buah ada yang disajikan dengan sambal gula merah, namun ada juga yang ditemani dengan sambal bumbu kacang. Yang terakhir ini, juga disebut dengan lotek di sebagian daerah.
Untuk mencecap nikmatnya hidangan ini, tidak salah jika anda mencobanya ke Warung Bu Ahmad (61) yang berlokasi di Jl Sekolah Teknik, Jatiwinangun, Purwokerto Timur. Hal itu dibuktikan dengan ramainya pembeli, terutama menjelang waktu makan siang. Saat jam-jam tersebut, hampir bisa dipastikan warung semi permanen bercat putih ini diserbu pelanggan.
Racikan bumbu yang dipakainya hampir sama seperti rujak buah pada umumnya. Yakni cabe, trasi, garam, kacang dan gula merah yang di<I>uleg<P>. Yang berbeda dan belum tentu dilakukan pedagang lain adalah adanya tambahan irisan buah pisang klutuk mentah untuk membuat rasa mantap.
Setelah bumbu kacang jadi, berbagai buah seperti bengkoang, timun, nanas, jambu air, mangga dan kedondong diiris tipis. Kemudian dicampur dengan cara diuleg tidak terlalu kuat bersama bumbunya. Baru dihidangkan kepada pembeli. Air dari buah yang bercampur dengan bumbu, rasanya begitu segar di lidah. Aneka rasa buah, dari asam, manis dan legitnya bumbu kacang terasa pas dinikmati pada siang hari.
"Rujak buah di sini enak. Bumbunya pas di mulut, rasanya nendang," ujar Bambang (26), salah seorang pelanggan.
Untuk menjaga kualitas rasa, ibu tujuh anak dan lima belas cucu tersebut selalu memperhatikan bumbu pendukung jualannya. Seperti
kacang goreng yang selalu baru, atau tidak lebih dari dua hari sejak digoreng, agar rasanya enak.
"Biasanya, yang sudah mencicip rujak sekali jadi suka dan besoknya kembali lagi," ujar Sakem yang lebih dikenal sebagai Bu Ahmad.
Selain rujak buah, ada juga rujak sayur yang juga dihidangkan dengan bumbu kacang. Hanya saja, untuk bumbu pada rujak sayur, ditambahkan kencur dan tanpa pisang klutuk mentah.
Untuk kedua jenis hidangan tersebut, bisa ditambahkan kupat. Harganya cukup murah, pembeli hanya membayar Rp 4.000 per porsi. Tiap hari, setidaknya 70 porsi rujak sayur dan buah bisa dijualnya dari pukul 10.00-16.00.


19 06 2012 14:56:18