Pemilih Pemula Ikuti Pendidikan Politik

Kabupaten Banyumas

Bertempat di Balai Kelurahan Sokanegara Kecamatan Purwokerto Timur, Rabu (6/6) kemarin berlangsung kegiatan Pendidikan Politik bagi Elemen Masyarakat dengan tema “Masyarakat Cerdas Demokrasi Kuat”. Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 100 orang pelajar SMA/SMK selaku pemilih pemula, para pemuda dan tokoh ormas tersebut dibuka oleh Bupati Banyumas, Drs Mardjoko MM.

Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Banyumas, Drs Imam Pamungkas BN MM menjelaskan, Pendidikan Politik bagi Elemen Masyarakat dilaksanakan berdasarkan Program Kerja Badan Kesbangpol dan Linmas Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012 yang diselenggarakan di 6 kabupaten, salah satunya Kabupaten Banyumas. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam bentuk kerjasama kegiatan dengan Kantor Kesbangpol Kabupaten Banyumas.

Materi yang disampaikan meliputi 4 Pilar Kebangsaan dalam Demokrasi dan Politik di Indonesia oleh pakar politik Drs MT Arifin SU MSi, Partisipasi dan Pemilukada dalam Demokrasi oleh dosen FISIP Undip, Drs M Yuliyanto MSi, Sistem dan Tata Cara Pemilukada oleh Dra Aan Rochaeni Ketua KPU Kabupaten Banyumas, dan Situasi Politik Daerah oleh Kepala Kesbangpol Kabupaten Banyumas.

Bupati Mardjoko dalam sambutannya meminta kepada para peserta untuk dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan sebaik-baiknya. “Ini kesempatan yang sangat baik, karena saudara-saudara dapat bertemu dan belajar langsung dari para ahli dan pakar politik” ungkapnya. Bupati berharap usai mengikuti kegiatan tersebut para peserta memahami dan dapat melaksanakan hak-hak politiknya secara benar, untuk selanjutnya berpartisipasi aktif guna memajukan dan menjunjung tinggi nama baik Banyumas sesuai bidang masing-masing.


19 06 2012 14:56:14