Bupati Lepas Kontingen LT V Jamda Dan Raimuna

Kabupaten Banyumas

Bupati Banyumas Drs. Mardjoko, MM selaku Ketua Mabicab melepas kontingen pramuka  Kwarcab Banyumas yang akan mengikuti Lomba Tingkat V (LT V), Jambore Daerah ke-13, dan Raimuna Nasional, Selasa kemarin (19/6) di Pendopo Si Panji Kabupaten Banyumas. Turut hadir pada acara tersebut Ketua Kwarcab Banyumas, anggota Mabicab, Ketua Gugus Depan, Ketua Kwarran, para Pembina dan orang tua kontingen.

 

Ketua Kwarcab Banyumas Ir. Didi Rudwianto, SH, M.Si dalam laporanya menyampaikan, bahwa regu putra Kwarcab Banyumas asal SMPN 1 Sumbang mewakili kontingen Jawa Tengah pada Lomba Tingkat V yang akan dilaksanakan pada tanggal 7-13 Juli di Bumper Wiladatika Cibubur Jakarta. Regu pramuka Penggalang yang berjumlah 8 orang dengan Pimpinan Regu Izza Arifatur Ramadani dan pembimbing Agus Supriyono, S.Pd ini menjadi Juara LT IV yang dilaksanakan pada bulan Februari lalu di Semarang.

 

Sementara Kontingen Jambore berjumlah 4 regu terdiri 40 pramuka Penggalang dari berbagai sekolah SMP dan MTs hasil seleksi yang dilaksanakan di Kwarcab Banyumas tanggal (28-29/4) lalu. Jambore Daerah akan dilaksanakan tanggal (21-26/6) di Bumper Cakra Pahlawa Sri Desa Delingan Kabupaten Karanganyar. Kontingen ini akan dipimpin oleh Dra. Sutiar Wismawati, M.Pd  dengan 4 pembina pendamping, 4 pendukung serta 1 orang tenaga medis. Sedangkan kontingen Raimuna Nasional terdiri dari Nur Laeli dari UMP, Yuananta Rizki dari SMK SPM Pelayaran dan Prayit Findriyanto dari SMK Bina Teknologi Purwokerto. Kegiatan Raimuna akan dilaksanakan di Papua dengan ketentuan waktu dari Kwarnas.

 

Bupati Banyumas dalam sambutanya mengucapkan terima kasih kepada Para Ketua Mabigus, Ketua Kwaran, Para Pembina dan para orang tua yang telah bersama-sama memberikan materi, dukungan, dorongan sehingga para kontingen siap mengikuti berbagai kegiatan. Kepada anggota pramuka yang akan mengikuti kegiatan secara khusus berpesan: ”Kalian adalah anggota pramuka yang telah terseleksi, sehingga kalian merupakan talenta-talenta Banyumas, bulatkan tekad, kuatkan hati untuk menjadi yang terbaik di setiap kesempatan lomba.” Kegiatan pramuka menjadi sarana untuk menempa generasi muda agar menjadi kader bangsa yang memiliki kepribadian, berjiwa pemimpin, disiplin, sehat mental, spritual dan berjiwa sosial, papar Bupati.

 

Pada acara pelepasan juga ditampilkan tarian lengger berkolaborasi dengan ebeg diiringi musik Calung Banyumasan. Setiap kontingen juga menunjukan keterampilan baik yel-yel, bermusik kentongan dan beberapa ketrampilan lainnya. Izza ketua Pinru LT V mengatakan kesiapan pada lomba di Cibubur. ”Kami sudah melaksanakan berbagai latihan termasuk latihan bersama dengan Tim Putri dari Kabupaten Purworejo, di Bumper Wanawisata Baturraden beberapa waktu yang lalu. Dengan doa restu dari Bupati, Kepala Sekolah, Pembina, masyarakat Banyumas dan orang tua, kami akan berusaha menjadi yang terbaik, agar dapat membawa harum nama Banyumas dan Jawa Tengah di Arena LT V,” kata Izza mantap.

 

Ketua kontingen Jambore Daerah Dra. Sutiar Wismawati, M.Pd juga menyatakan kesiapannya. Setelah lulus seleksi, peserta jambore sudah tiga belas kali melaksanakan latihan. ”Kami bangga kepada adik-adik walaupun pada masa ujian kenaikan kelas, mereka dengan sukarela dan semangat mengikuti pemusatan latihan. Disamping dilatih oleh Korps Pelatih dan Instruktur Kwarcab Banyumas, kami juga melibatkan Instruktur dari Subden 3 Detasemen B Pelopor Brimob Purwokerto, Sanggar Tari Graha Mustika dan pelatih musik calung dari SMPN 1 Rawalo,” pungkasnya.

 

 

 

 

An. Kabid Kominfo

Kasie Telematika, Pos, dan Telekomunikasi

 

 

Jakarta Tisam, S. STP., M.Si.


05 07 2012 14:56:01