Job Fair Dinsosnakertrans Tawarkan 6.236 Lowongan Tenaga Kerja

Kabupaten Banyumas

Berbagai lowongan pekerjaan yang menyerap hingga 6.236 tenaga kerja ditawarkan oleh 25 perusahaan lokal lingkup Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, DIY, dan Batam, dalam gelaran Bursa Kerja (Job Fair) yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Banyumas selama 3 hari, mulai Selasa (26/6) hingga Kamis (28/6) di Halaman Kantor Dinsosnakertrans Kabupaten Banyumas, Jl Pemuda No 24 Purwokerto. Acara dibuka oleh Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat (Asekbang Kesra) Setda Kabupaten Banyumas, Ir Tjutjun Sunarti R.
 
Perusahaan-perusahaan peserta Job Fair yang berasal dari Banyumas yaitu PT Rita Ritelindo Purwokerto, PT Pelita Satria Perkasa (Depo Pelita) Sokaraja, Pasaraya “Sri Ratu” Purwokerto, PT Sumber Alfaria Utama (Alfamart), Asosiasi PPTKIS “Satria” Purwokerto, Yamaha Mataram Sakti Purwokerto, Himpunan Lembaga Latihan Swasta Indonesia (HILLSI) Purwokerto, Hotel Aston Purwokerto, YPPSDI Global Purwokerto, dan PT Cebong Kayu Indo Ajibarang.
 
Dari luar Banyumas PT Sumber Daya Dian Mandiri Jakarta, PT Tunas Karya Indoswasta DIY, BNI Life Magelang, PT Midi Utama Indo Tbk Tangerang, PT Subang Autocomp dan PT Dinamika Adi Karya Subang, PT Swakarsa Sinar Sentosa Pulogadung, PT Citra Kartini Mandiri Tangerang Selatan, PT Indomarco Prismatama (Indomaret) Cirebon, PT Swakarsa Insan Mandiri Yogyakarta, PT Hanindo Inti Trada, PT Cipta kaya, PT Panca Sinergi Utama ketiganya dari Batam, Bank BTPN Tbk Bandung, dan satu stand dari Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Tengah.
 
Lowongan pekerjaan yang ditawarkan antara lain pramuniaga, kasir, SPG, staf produksi, kepala toko, supervisor, teknisi, programmer, teller, operator, manajer, group leader, konsultan, security, paramedis, baby sitter, elderly caertaker, surveyor, kolektor, peserta transmigrasi, pengemudi, tenaga marketing, dan petugas administrasi, dengan syarat pendidikan mulai lulusan SD hingga Sarjana (S1).
 
Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Banyumas, Drs Nooryono MM dalam laporannya menjelaskan, kegiatan Job Fair dilatarbelakangi oleh kondisi pencari kerja khususnya di Kabupaten Banyumas yang semakin meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah lulusan sekolah setingkat SLTA yang tidak mampu melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. Kegiatan ini juga untuk mendukung upaya yang dilakukan pemerintah dalam mengatasi masalah pengangguran di tanah air.
 
Bursa Kerja merupakan tindak lanjut dari koordinasi teknis penanggulangan pengangguran melalui optimalisasi penempatan alumni SMA/SMK/MA dari lembaga pelatihan kerja swasta yang secara rutin dilaksanakan bersama stakeholder terkait. Kegiatan diarahkan kepada pelayanan informasi interaktif yang memungkinkan masyarakat memperoleh informasi lowongan pekerjaan, sekaligus dipertemukan dengan pengguna tenaga kerja. Kegiatan ini ditargetkan dikunjungi oleh 5.000 pencari kerja lulusan SD, SLTP, SMA, SMK/sederajat, D3 dan sarjana yang ada di Kabupaten Banyumas.
 
Bupati Banyumas, Drs Mardjoko MM dalam sambutannya yang dibacakan Asekbang Kesra menilai kegiatan ini memiliki nilai strategis, karena menjadi cermin bahwa partisipasi masyarakat dan pengusaha tidak dapat dipisahkan, terutama dalam pembangunan sektor ketenagakerjaan, khususnya dalam rangka menurunkan angka pengangguran di Kabupaten Banyumas.
 
Bupati Mardjoko berharap rekruitmen tenaga kerja  yang dikemas dalam acara pameran Bursa Kerja ini mampu menjalin hubungan komunikatif yang baik antara perusahaan, masyarakat khususnya pencari kerja dan pemerintah daerah, sehingga tercipta suatu hubungan emosional yang menumbuhkan rasa saling memiliki dan saling membutuhkan, sehingga produktivitas kerja, ketenangan bekerja dan kelangsungan berusaha dapat terwujud.


30 05 2013 15:06:3