169 Warga Gununglurah Terima Bantuan Sosial

Kabupaten Banyumas

Warga Dusun Pesawahan Desa Gununglurah Kecamatan Cilongok menerima bantuan sosial dari Pemkab Banyumas melalui Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan. Bantuan diserahkan langsung oleh Bupati Banyumas, Drs Mardjoko MM, Senin (17/7) kemarin di rumah salah satu warga.

Total penerima sejumlah 169 orang, 42 KK dari 93 rumah di dusun tersebut. Rinciannya 148 warga rumah tangga miskin, 17 balita dan 4 ibu hamil. Bansos berupa sembako senilai Rp 37.000.000 langsung ditransfer ke rekening Kelompok “Ngudi Sejahtera” Desa Gununglurah Kecamatan Cilongok. Selanjutnya dana tersebut telah dibelanjakan oleh kelompok tersebut, kemudian dikemas dalam paket sembako berisi beras, minyak goreng, telur, sarden, gula pasir, kecap, susu cokelat, susu balita, susu ibu hamil, biskuit balita, kacang hijau, dan garam beryodium.

Selain paket sembako, pada kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan 20 ekor ayam kampung unggul Balitnak (KUB), masing-masing 5 ekor terdiri dari 1 jantan dan 4 betina, kepada Kelompok Ternak “Mendasari”, Kelompok Ternak “Pesawahan”, Kelompok Ternak “Mina Tirta” dan Kelompok Ternak “Al-Baqoroh”. Ayam tersebut sudah siap bertelur dengan potensi produksi 130-160 butir per tahun.

Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan, Ir Wisnu Hermawanto MP dalam laporannya menjelaskan, bantuan tersebut merupakan bagian dari program Pemberian Bantuan Sosial Penanganan Daerah Rawan Pangan Tahun 2012 di Kabupaten Banyumas, yang merupakan salah satu upaya Pemkab Banyumas dalam rangka mendorong dan memajukan pembangunan ketahanan pangan.

Tujuan kegiatan tersebut, kata Wisnu untuk mencegah terjadinya rawan pangan, menanggulangi kejadian rawan pangan transien, dan meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengatasi kejadian kerawanan pangan. Adapun indikator keberhasilannya adalah tersalurnya dana bantuan sosial Penanganan Daerah Rawan Pangan, dilakukannya intervensi pencegahan rawan pangan hasil sistem informasi dini, dan meningkatnya jumlah masyarakat rawan pangan yang dapat diintervensi.

Wisnu berharap kegiatan ini dapat dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya, dengan jumlah penerima manfaat yang lebih banyak dan menjangkau wilayah lain yang merupakan daerah rawan pangan kronis, sesuai dengan hasil pemantauan tim Sistem Kewaspadaan Pangan dan Gizi (SKPG) Kabupaten Banyumas di wilayah-wilayah lain di Kabupaten Banyumas.

Sementara Bupati Banyumas dalam sambutannya mengatakan, bantuan sosial tersebut merupakan wujud kepedulian dan perhatian Pemkab Banyumas dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Bupati meminta para penerima bantuan dapat mensyukuri dan memanfaatkan bantuan yang diberikan dengan sebaik-baiknya.

Selanjutnya Bupati Mardjoko mengucapkan terima kasih kepada segenap masyarakat dan seluruh jajaran pegawai di Kabupaten Banyumas, atas partisipasi dan kerjasama dalam pembangunan di Kabupaten Banyumas, sehingga kesejahteraan masyarakat Banyumas terus meningkat, dan Banyumas terus menerima penghargaan atas prestasi-prestasinya hingga tingkat nasional.

Bupati juga berjanji akan terus melakukan peningkatan kualitas infrastruktur masyarakat di sekitar Dusun Pesawahan Desa Gununglurah, sepanjang yang menjadi tanggung jawab dan wewenang Pemkab Banyumas, demi peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.


18 07 2012 14:56:20