Formulasi Banyumas Komit Tingkatkan Mutu Pendidikan melalui IT

Kabupaten Banyumas

“Model pembelajaran dengan multimedia, selain strategis untuk mempercepat dan mempermudah akses dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk pendidikan, juga akan mempermudah proses pembelajaran melalui inovasi e-learning”. Demikian sebagian isi sambutan Wakil Bupati Banyumas, dr Budhi Setiawan saat membuka kegiatan Sosialisasi Forum Multimedia Edukasi (Formulasi) Provinsi Jawa Tengah dan Pelantikan Pengurus Formulasi Kabupaten Banyumas Masa Bakti 2013–2016 oleh Ketua Formulasi Jateng, Fauzan Ahmad Mahanani, Sabtu (20/7) di Pendopo Sipanji Kabupaten Banyumas.

 

Wabup berharap, di era global yang ditandai dengan kemajuan teknologi serta adanya cyber-teaching atau pengajaran melalui dunia maya, Formulasi Banyumas bisa mempercepat upaya pemerintah Kabupaten Banyumas dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera, berdaya saing dan berbudaya, berlandaskan iman dan taqwa. Selain wabup, acara tersebut juga dihadiri oleh Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat (Asekbang Kesra) Sekda, Ir Tjujtun Sunarti R MSi. Sosialisasi diikuti oleh 120 orang, terdiri dari Guru TK, SD, SMP, SMA dan SMK se-Banyumas serta beberapa undangan dari elemen masyarakat.

 

Ketua Panitia kegiatan, Surono SPd mengungkapkan, Formulasi dibentuk karena tidak sedikit guru yang belum terampil dalam hal multimedia. Tujuan dibentuknya forum ini, katanya, untuk meningkatkan mutu dan inovasi guru dalam proses pembelajaran, dengan memanfaatkan media yang bervariasi. Surono juga menyebut, sejak dibentuk sekitar 3 bulan lalu, Formulasi Banyumas telah mengadakan pelatihan, penularan dan pendalaman materi kepada para pengurus. “Kami berharap kegiatan ini dapat mendorong berbagai pihak untuk bersinergi dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Banyumas dengan meningkatkan mutu dan inovasi pembelajaran yang menarik.” ungkapnya.

 

Argo Suseno ST, Ketua Formasi Banyumas usai dilantik bersama 28 pengurus lainnya menjelaskan, kelahiran Formasi dibidani oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah, berawal dari dukungan dan apresiasi LPMP Jateng terhadap prestasi guru-guru di Jawa Tengah di bidang IT, dalam kompetisi nasional dan internasional. Kelahiran Formulasi Jateng sekitar 7 bulan silam ini kemudian disusul dengan terbentuknya Formulasi Banyumas pada 16 Maret 2013.

 

Argo Suseno, guru SD Al Irsyad 01 Purwokerto, yang pernah mewakili Indonesia di ajang kompetisi IT tingkat internasional di New Zealand ini berharap, Formasi sebagai organisasi profesi menjadi wadah berkumpul bagi guru-guru penggiat IT di Kabupaten Banyumas, untuk menyatukan barisan, bekerja sama dan bersinergi dengan elemen masyarakat lainnya, sehingga mampu menciptakan karya-karya IT di bidang pembelajaran yang akan mengharumkan nama Banyumas dan Indonesia.

 

Sumber : Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Banyumas


22 07 2013 13:33:5