P3A “Sida Berkah” Ikuti Tahap Akhir Lomba Tingkat Provinsi

Kabupaten Banyumas

Selasa (24/4), tim penilai Lomba Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) tingkat Provinsi Jawa Tengah melakukan kunjungan lapangan di Kabupaten Banyumas. Penilaian tahap akhir tersebut dilakukan kepada P3A “Sida Berkah” Desa Gununglurah Kecamatan Cilongok, sebagai wakil Banyumas dalam Lomba Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2012.

P3A “Sida Berkah” telah lolos tahap penilaian administrasi, dan berhasil menjadi satu dari 3 terbaik. Dua finalis lainnya adalah P3A “Tirta Jaya” dari Kabupaten Pekalongan, dan P3A “Tani Makmur” asal Kabupaten Demak. “Sida Berkah” dipastikan menjadi juara pada lomba tingkat provinsi ini, tinggal menunggu hasil kunjungan lapangan tim penilai secara keseluruhan untuk mengetahui peringkatnya.

Tim penilai yang diketuai oleh Ir Sugiyanto MM terdiri dari 7 orang, mewakili badan/dinas provinsi terkait, yaitu Badan Koordinasi Penyuluhan (Setbakorluh) Provinsi, Bappeda Provinsi, Dinas PSDA Provinsi, Biro Produksi Setda Provinsi, dan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura.

Penerimaan tim penilai dilakukan di Balai Desa Gununglurah Kecamatan Cilongok, oleh Bupati Banyumas, Drs Mardjoko MM, didampingi Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat (Asekbang Kesra) Sekda, kepala dinas/instansi terkait, jajaran Muspika setempat, beberapa tokoh masyarakat serta pengurus P3A “Sida Berkah” dan perwakilan petani pengguna air.

Usai melakukan dialog dengan para pengurus P3A dan petani pengguna air sesuai dengan bidang penilaian masing-masing, para juri melakukan peninjauan langsung ke lokasi pengelolaan dan pemanfaatan air irigasi binaan P3A “Sida Berkah” yang berada di sekitar Balai Desa.

P3A “Sida Berkah” Desa Gununglurah adalah satu diantara 56 kelompok P3A yang ada di Kabupaten Banyumas. Kelompok ini berdiri tahun 2008 dengan Keputusan Kepala Desa Gununglurah Nomor 141/03/2008, disahkan dengan Akta Notaris No. 21 tanggal 21 Oktober 2008, dan mendapatkan pengesahan dari Bupati Banyumas melalui Keputusan nomor 520/427/2009.

Kelompok yang diketuai oleh H Siswanto tersebut saat ini memiliki anggota sebanyak 343 orang yang terdiri dari petani pemilik areal sejumlah 138 orang, dan petani penggarap sejumlah 205 orang. Wilayah kerja P3A “Sida Berkah” meliputi daerah-daerah persawahan di wilayah Desa Gununglurah yang mendapat oncoran dari Bendung Bandayuda dan Bendung Dai. Total luas wilayahnya meliputi mencapai 140 ha.

Siswanto mengatakan, motto P3A “Sida Berkah” adalah: 1) mewariskan sumber air bagi anak cucu; 2) maju bersama masyarakat untuk kesejahteraan bersama; dan 3) bersih, indah, rapih, aman dan makmur; dengan semboyan “Hanggayuh Tirta Rahayuning Warga”


25 05 2012 14:24:21